Sunday 23 August 2015

CARA LULUSKAN PD TINGKAT AKHIR

S U E N D R O 
TATA CARA LULUSKAN PD TINGKAT AKHIR


Setelah sahabat operator Berhasil Instal Aplikasi Dapodik Versi 4.0.0 langkah pertama yang harus di lakukan adalah Meluluskan Pesera Didik Dan Memasukan Peserta Didik Baru.

Pada aplikasi dapodikdas versi 4.0.0 di semester ganjil 2015/2016 ini, pengguna diwajibkan meluluskan peserta didik ditingkat akhir kelas 6 pada jenjang SD & kelas 9 pada jenjang SMP. Pada aplikasi dapodikdas ini terdapat fitur untuk meluluskan seluruh peserta didik dan menaikan tingkat peserta didik dengan menggukan tombol action menu secara kolektif.
Meluluskan peserta didik dapat menggunakan fitur yang terdapat pada action menu di Rombel penggunaan fitur ini hanya dapat dilakukan pada semester ganjil atau setiap memasuki tahun ajaran baru. Berikut cara penggunaan fitur luluskan peserta didik tingkat akhir.

Pertama, klik tombol action menu yang terletak di pojok kanan atas tabel Rombongan Belajar, lalu pilih tombol [Luluskan PD Tingkat Akhir].

Adapun tata cara meluluskan peserta didik tingkat akhir untuk dapodik Versi 4.0.0. ada beberapa tahap di antaranya :
  1. Tahap pertama perhatikan kelengkapan datanya, data yang akan muncul adalah data tahun ajaran sebelumnya terakhir operator melakukan sinkronisasi, pastikan sesuai dan lengkap sesuai sinkronisasi terakhir tahun ajaran lama
  2. Buka masing masing tab, Sekolah – prarasana – Peserta Didik – PTK –Rombel.
  3. Rombel tahun lalu Nampak “hilang” tersembunyi karena terdaftar sebagai “histori”
  4. Buka tabel rombel, klik fitur action menu luluskan PD tingkat akhir secara kolektif (bersamaan) dengan menggunakan fitur tersebut.



5. Isi form luluskan PD tingkat akhir dengan mengisi tanggal kelulusan dan alasan keluar, lalu klik         tombol [Luluskan PD]







6.  Fitur ini akan mengeluarkan peserta didik kelas ahir secara bersamaan/kolektif per rombel. Lakukan                   untukseluruh rombel tingkat akhir. Lengkapi isian tanggal keluar/ lulus dan tuliskan alasan “lulus”



Jika semua peserta didik tingkat akhir telah selesai diluluskan, data-data peserta didik tersebut akan otomatis berpindah dari tabel Peserta Didik ke tabel PD Keluar. Tabel PD keluar ini berisi semua data peserta didik yang telah lulus/keluar.






Terdapat 3 tombol utama yang terdapat di tabel PD Keluar dan 1 kolom pencarian. Tombol-tombol tersebut adalah:


·         Batalkan
      Jika pengguna melakukan kesalahan dalam meluluskan peserta didik, dapat membatalkan perintah tersebut dengan memilih nama peserta didik tersebut dan klik tombol [Batalkan]. Dengan menekan tombol batalkan tersebut, data peserta didik yang sebelumnya terdapat di tabel PD Keluar akan dikembalikan ke tabel Peserta Didik

·         Unduh Excel
      Fitur ini bertujuan untuk melihat laporan peserta didik keluar berupa file Excel.


6.  Jika ada anak yang tidak lulus, fitur tersebut masih tetap dapat digunakan, caranya buka tabel PD        keluar – cari anak tersebut –batalkan . kemudian peserta didik tinggal kelas akan muncul                      kembali di tabel PD. Masukkan PD tinggal kelas tersebut kedalam rombel dengan status tinggal          kelas;
7.   Lakukan hal ini, untuk semua rombel tingkat akhir
8.    Naikkan secara kolektif peserta didik lainnya , dengan fitur action menu – kenaikan kelas dengan catatan          kelompok romebl peserta didik nya tidak diacak. Jika diacak, jangan gunakan fitur ini tapi  gunakan                    metode tambah rombel baru seperti biasa.

Sekian sedikit gambaran tata cara meluluskan peserta meluluskan peserta didik ditingkat akhir kelas 6 pada jenjang SD & kelas 9 pada jenjang SMP dan langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah menaikan tingkat peserta didik pada Dapodik 4.0.0.




Semoga dapat membantu buat sahabat – sahabat operator sekolah

 “ Salam Satu Data "

Link terkait……>









1 comment: