Panduan singkat ini
menjelaskan tahapan mengoperasikan aplikasi dapodikdas secara garis besar,
untuk lebih detil dan
lengkap baca manual aplikasi dapodik versi 4.0.0. Tahapan ini dibuat untuk
memandu dan memudahkan operator
sekolah dalam mengupdate data di tahun ajaran 2015-2016
dari data awal tahun ajaran
sebelumnya.
Diagram alir tahapan:
Ketentuan awal :
- Kode registrasi masih
tetap sama dengan tahun sebelumnya, pastikan koderegistrasi ini bersifat rahasia, unik dan tidak
diketahui oleh orang-orang yang tidak berkepentingan
- Jika koderegistrasi ini
bocor/ DIKETAHUI OLEH ORANG LAIN YANG TIDAKBERTANGGUNGJAWAB hubungi dinas pendidikan
setempat untuk dilakukan reset ulangkoderegistrasi. Dampak dari reset
koderegistrasi akan mencegah pengiriman data dari koderegistrasi lama.
- Sebelum insstal versi
4.00 harus dilakukan unistalasi aplikasi versi sebelumnya (3.03)
- Prosedur instalasi dan
generate ulang prefill sama dengan aplikasi sebelumnya.
- Pastikan 1 sekolah hanya
terinstal di 1 komputer, namun 1 komputer dapat digunakan lebihdari 1 sekolah dengan menggunakan kode
registrasi yang berbeda (mengakomodir sekolahyang tidak memiliki computer).
- Selalu memeriksa web
dapo.dikdas.kemdikbud.go.id untuk menjamin kesesuaian data dilokal aplikasi dengan di data yang
diterima di server KEMDIKBUD.
- Pastikan data = fakta
tanpa ada rekayasa, selalu memutakhirkan data sesuai dengandinamika data yang ada di sekolah.
- jika berpindah-pindah
computer lakukan Siklus generate sync -ulang prefill. Prefill lama akanhilang dengan sendirinya setelah di
registrasi (jangan dikoleksi/disimpan)
- Validasi di aplikasi
tidak mencegah sinkronisasi , namun pastikan validasi = 0 untukmenjamin kualitas data sekolah anda
lengkap, benar, mutakhir dan shahih.
- Koneksi internet hanya
dibutuhkan saat melakukan sinkronisasi,
- Manfaatkan prosedur
tambah peserta didik secara ONLINE (baca penjelasan) agar memudahkan operator bekerja secara efektif dan efisien (tidak input ulang dari awal )
www.datadapodiksd.blospot.com
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment