OKeeyy Temen temen Operator pada
artikel sebelumnya sudah saya jelaskan tentang Melengkapi Atribut Data Baru dan Data Periodik Dapodik
versi 4.0.0 dan Sesuai Janji saya bahwa akan saya jelaskan secara terperinci
tentang Cara melengkapi Data Sekolah, langkah langkah yang harus temen temen semua akan saya
kupas tuntas pada artikel ini di bagian bawah biar temen semua segera bisa
segera menyelesaikan semuanya,, ,Okeyy mas brow
Pertama
-->
Identitas Sekolah & Lokasi Sekolah
Pada aplikasi dapodikdas ini pada
bagian Identitas Sekolah terkunci. Artinya, operator sekolah dalam hal ini tidak bisa mengubah
data baik itu nama sekolah, NSS, NPSN, bentuk pendidikan, status sekolah,
statuskepemilikan, SK izin operasional, tanggal SK izin operasional dan
kabupaten/kota di karenakan data data tersebut sudah terkunci.
“ Jika ada ketidaksesuaian data pada identitas sekolah yang
terkunci, segera laporkan ke dinas kab/kota
setempat
yang menangani Dapodikdas untuk segera dilakukan perubahan data melalui
aplikasi Verval Satuan
Isian lokasi sekolah terdiri dari
alamat, RT, RW, nama dusun, desa/kelurahan, kode pos, kecamatan, lintang, dan bujur. Seperti pada
gambar gambar di bawah ini
Selanjutnya, pengisian data lokasi
sekolah. Isi data RT, RW, Nama Dusun, dan kode pos. Sedangkan unuk pengisian lintang
dan bujur diperlukan koneksi internet karena penentuannya menggunakan fasilitas
Google Maps. Jika pengguna menekan tombol
[Buka Peta Koordinat], tampilan yang akan muncul adalah sebagai berikut
Yang harus temen temen lakukan adalah
pencarian letak dan posisi sekolah. Ketikkan nama daerah pada isian Cari Lokasi
untuk memudahkan pencarian, lalu tekan [Enter]. Klik pada peta di titik yang
dituju untuk mendapatkan koordinat. Jika koordinat tersebut telah ditemukan, klik tombol [Pilih Koordinat]
atau [Pilih & Tutup Jendela]. Maka posisi lintang danbujur pun akan
otomatis terisi.
Kedua -- > Data
Pelengkap & Kontak Sekolah
Pada tahap isian ini, terdapat
data-data pelengkap seperti contohnya kebutuhan khusus yang dilayani di sekolah tersebut (khusus
untuk SLB/SDLB/SMPLB dan sekolah inklusi), status kepemilikan, SK pendirian, SK
akreditasi, nomor rekening BOS, MBS (Manajemen
Berbasis Sekolah), luas tanah milik, dan lain-lain. Sedangkan untuk isian
kontak sekolah isiannya adalah nomor telepon, nomor
fax (jika ada), email sekolah, dan website sekolah (jika ada) seperti gambar di bawah ini.
Ketiga -- > Data
Periodik
Selanjutnya pada Tahab ketiga ini
adalah tahap pengentrian data periodic, tabel data periodik terletak di bawah
data rinci sekolah. Beberapa isian yang ada pada tabel data periodik adalah
sumber listrik, waktu penyelenggaraan
sekolah, sertifikasi ISO, daya listrik (watt), akses internet 1 dan akses
internet 2, Seperti gambar di bawah ini.
Tabel data periodik ini adalah
data yang bersifat longitudinal dan hanya tersimpan pada periode semester saat login,
data ini perlu diupdate di setiap semester. Ketika masuk ke periode
selanjutnya, tabel ini akan kosong
kembali dan perlu diinputkan lagi. Asumsi dari sistem
adalah sekolah mengalami perubahan data untuk setiap semesternya.
Perlu diperhatikan isian (radio
button) “Menerima BOS?”. Pastikan isiannya sesuai denga kondisi sekolah apakah menerima
atau menolak BOS, karena isian ini bisa fatal jika mengisi “Tidak Bersedia”
padahal sekolah tersebut bersedia.
Keempat
-- > Sanitasi & Blockgrant
Langkah selanjutnya adalah
pengisian Sanitasi dan Blockgrant, Pada formulir ini, operator harus mengisi
fasilitas penunjang kebutuhan sanitasi sekolahnya. Contoh isian didalamnya antara
lain kecukupan air, jumlah toilet laki-laki dan perempuan, jumlah toilet
berkebutuhan khusus (untuk SLB), sumber air,
jumlah tempat cuci tangan, dll.
Selanjutnya, tab blockgrant diisi
dengan bantuan-bantuan apa saja yang pernah diterima sekolah, tahun berapa bantuan tersebut
diterima, jenis bantuannya, sumber dana, besar bantuan, dana pendamping, dan
peruntukan dana.
Isi tab blockgrant dengan
mengetikkan nama bantuan yang diterima, tahun penerimaan, besar bantuan, dana pendamping dan
peruntukan dana sesuai kolomnya. Khusus untuk pengisian jenis bantuan dan
sumber dana, pengisiannya adalah pengguna
harus menekan tombol drop down untuk menampilkan isiannya, pilih salah satu
isian, lalu klik [Simpan].
Kelima
-- > Akreditasi, Program Inklusi & Layanan Khusus
Pada tabel akreditasi diisi dengan
akreditasi sekolah yang temen temen kerjakan, SK akreditasi, TMT akreditasi,
TST akreditasi (kosongkan jika sekolah sudah tidak
terakreditasi), jenis akreditasi, dan terakhir lembaga yang mengeluarkan SK
akreditasi.
“
Catatan: Untuk sekolah yang belum terakreditasi, formulir ini dikosongkan.
Akreditasi berlaku selama 5 tahun. “
Langkah selanjutnya adalah, isian
program inklusi ini dikhususkan untuk sekolah yang mengadakan program inklusi.
Dimana inklusi itu
sendiri adalah sekolah-sekolah normal yang menyelenggarakan/ menerima peserta
didik yang berkebutuhan khusus.
Isian pada tabel program inklusi
ini adalah kebutuhan khusus yang dilayani, SK program inklusi, TMT program inklusi, TST
program inklusi (dapat diisi atau dikosongkan jika sekolah masih mengadakan
program inklusi), dan keterangan tambahan
terkait program inklusi sekolah.
Program inklusi adalah program di
sekolah regular baik SD maupun SMP yang menerima peserta didik berkebutuhan khusus
dan ini biasanya ada surat resmi penunjukkan dari dinas pendidikan provinsi ke
sekolah - sekolah tertentu yang
menyelenggarakannya di wilayah kerjanya.
Demikian Mas Broowww runtutan Cara melengkapi Data Sekolah Pada Aplikasi
Dapodik Versi 4.0.0 dan sebelumnya sudah saya jelaskan tentang Melengkapi Atribut Data Baru dan Data Periodik langkah
selanjutnya yang harus kita lakuakan adalah pengisian Kelengkapan Data Peserta Didik dan ke tahap tahap selanjutny dan sudah
saya jelaskan di setiap tahapan pada artikel artikel saya dan semoga Artikel
ini bermanfaat buat temen temen operator sekolah di seluruh Indonesia….
Amiiin..
Artikel Terkait -- >
@. cek info ptk
============================================================================
Artikel lainya ...
No comments:
Post a Comment