Saturday 29 August 2015

Cara Melengkapi Atribut Data Baru dan Data Periodik Pada Aplikasi Dapodik Versi 4. 0.0

Temen temen Operator pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan tentang Cara Pengisian Data Rinci Peserta Didik Dapodik versi 4.0.0 dan langkah selanjutnya yang harus temen temen operator lakukan adalah Melengkapi Atribut Data Baru dan Data Periodik , adapun langkah langkahnya akan saya jelaskan pada artikel ini di bagian bawah.


Pada setiap pembaruan atau pergantian semester ada beberapa data yang harus diperbaharui baik itu data
yang sudah ada maupun data baru. Salah satu bagian yang harus selalu diperbaharui disetiap semester adalah data
periodik dimasing-masing tabel inputan.

Tahapan dalam melengkapi Atribut Baru dan data Periodik terdiri dari 5 tahap di antaranya adalah :

1. Kelengkapan Data Sekolah
Pada bagian data sekolah ada beberapa data yang harus diperbaiki disetiap semester nya adapun data baru berupa fitur baru yang terdapat hanya pada saat aplikasi diperbaharui. Berikut beberapa hal yang harus diperbaharui pada Data Sekolah :
a.        Identitas Sekolah & Lokasi Sekolah
b.        Data Pelengkap & Kontak Sekolah
c.        Data Periodik
d.        Sanitasi & Blockgrant
e.        Akreditasi, Program Inklusi & Layanan Khusus

Untuk kelengkapan data Sekolah akan saya jelaskan secara jelas satu persatu dan di artikel tersendiri biar temen temen operator sekolah yang baru tidak bingung  jadi untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel saya yang khusus membahas tentang Cara melengkapi Data Sekolah .


2. Kelengkapan Data Peserta Didik

Pada tahap ini Kelengkapan data pada semester baru di peserta didik hanya mencakup siswa/i mutasi atau siswa/i baru serta data periodik masing-masing peserta didik yang harus diperbaharui disetiap semesternya. Langkah ini terdiri dari 3 yaitu :

a.        Registrasi Peserta Didik Bagi PD Baru dan Mutasi
b.        Pembaharuan data Periodik Peserta didik
c.        Penulisan Nomor SKHUN (Nomor Peserta Ujian Nasional)

Untuk kelengkapan data Peserta Dididik  akan saya jelaskan secara jelas satu persatu dan di artikel tersendiri biar temen temen operator sekolah yang baru tidak bingung  jadi untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel saya yang khusus membahas tentang Cara melengkapi data Peserta Dididik.


3. Kelengkapan Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Penginputan Pembaruan data PTK yang dilakukan pada aplikasi dapodik versi 4.0.0 ini harus sesuai dengan fakta integritas yang ada sehingga tidak terjadi kesalahan penginputan. Adapun beberapa PTK mutasi yang harus diinputkan kembali di sekolah baru pada aplikasi dapodik atau pun data PTK yang sudah berganti dan harus diperbaiki, Langkah ini terdiri dari 4 yaitu :
a.      Tambah PTK Baru
b.      PTK Keluar
c.       Pembaruan Data Rincian PTK
d.      Pengisian Data Rincian PTK

Untuk Kelengkapan Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan akan saya jelaskan secara jelas satu persatu dan di artikel tersendiri biar temen temen operator sekolah yang baru tidak bingung  jadi untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel saya yang khusus membahas tentang Cara Melengkapi Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan.


4. Kelengkapan Data Sarana dan Prasarana

Pada Bab ini akan di jelaskan runtutan Penambahan Sarana dan Prasarana baru disekolah serta pembaharuan data input kondisi sarana dan prasarana untuk melengkapi atribut isian pada aplikasi dapodik 4.0.0.

Untuk melakukan penambahan dan perubahan data, pengguna dapat menggunakan toolbar yang telah disediakan di menu Sarpras dan beberapa fiture tambahannya. Berikut adalah tombol-tombol utama yang ada di Menu Sarpras dan fungsi masing-masing tombolnya:


 Gambar 1

Untuk penjelasan tombol tombol tersebut diatas dan tata cara pemasukan data   akan saya jelaskan secara jelas satu persatu secara terperinci biar temen temen operator sekolah yang baru tidak bingung  jadi untuk lebih jelasnya silahkan Baca artikel saya yang khusus membahas tentang Cara Melengkapi Data Sarana dan Prasarana .



5. Kelengkapan Data Rombongan Belajar

Pembaharuan Data Rombel yang harus diperbaharui disetiap semester jika ada pembaharuan data pembelajaran dan penambahan atau mutasi peserta didik, Pada bab ini akan melalui 2 tahap diantaranya adalah :
a.      Data Pembelajaran
b.      Pembaruan Data Anggota Rombel


Untuk Kelengkapan Data Rombongan Belajar akan saya jelaskan secara jelas satu persatu dan di artikel tersendiri biar temen temen operator sekolah yang baru tidak bingung  jadi untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel saya yang khusus membahas tentang Cara Melengkapi Data Rombongan Belajar.

No comments:

Post a Comment