Monday 24 August 2015

CARA MENAIKAN TINGKAT PESERTA DIDIK / MENAIKAN KELAS PADA DAPODIK VERSI 4.0.0.

S U E N D R O

CARA MENAIKAN TINGKAT PESERTA DIDIK / MENAIKAN KELAS PADA DAPODIK VERSI 4.0.0.

Sebelumnya di Blog ini Sudah saya Jabarkan tentang cara meluluskan peserta didik ditingkat akhir kelas 6 pada jenjang SD & kelas 9 pada jenjang SMP.  Selanjutnya akan saya jabarkan tentang cara Menaikkan tingkat peserta didik melalui aplikasi dapodik versi 4.0.0 dapat menggunakan fitur action menu di table rombongan belajar.
Penggunaan fitur kenaikan kelas ini cocok untuk rombongan belajar yang anggota rombelnya tetap sama seperti di semester sebelumnya (semester genap), juga dengan nama rombel parallel yang sama (contoh: di semester genap kelas 5A, dengan menggunakan fitur ini nama rombol di semester ganjil akan otomatis menjadi kelas 6A). Adapun cara menggunakan fitur kenaikan kelas ini adalah sebagai berikut:



Pertama Dari beranda kita pilih tombol rombongan belajar.








 Pilih tombol action menu yang terletak di pojok kanan atas di tabel Rombongan Belajar, lalu pilih fitur Kenaikan Kelas.




Pilih rombongan belajar yang akan dinaikkan kelas, lalu klik tombol [Save and Close].






Dan Apabila dari Rombongan belajar tersebut ada 1 ataupun 2 peserta didik yang tidak naik ketingkat berikutnya maka kita akan kembalikan ke rombongan belajar sebelumnya. Maka yang akan kita lakukan adalah mengembalikanya ke rombombongan belajar sebelumnya , adapun langkah langkahnya sebagai berikut :

Pertama Dari beranda kita pilih tombol rombongan belajar.






Pilih salah satu tingkat pendidikan yang ada peserta didik tidak naik ke tingkat berikutnya à lalu pilih tombol anggota rombel contoh seperti pada gambar di bawah ini.






Pilih nama peserta didik yang akan kita kembalikan ke rombongan belajar sebelumnya -à lalu pilih tombol keluarkan dari Rombel, contoh pada gambar di bawah ini;





Nanti akan muncul muncul pertanyaan ( Apakah anda yakin ingin menghapus data tersebut? ) 2 pilihan ya dan Tidak maka kita pilih YA.





Nah seperti inilah tata cara menaikan dan mengembalikan peserta didik pada dapodik versi 4.0.0 semoga bermanfaat buat sahabat operator sekolah sekian trimakasih



_____  Salam Satu Data  ____








No comments:

Post a Comment